Cacar Air pada Orang Dewasa
10, Des 2023
4 Cara Mengobati Cacar Air pada Orang Dewasa

Orang dewasa yang terkena cacar air bisa menunjukkan gejala yang lebih parah dibandingkan anak-anak. Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara mengobati cacar air pada orang dewasa. Melansir Everyday Health, cacar air juga dikenal sebagai varicella, merupakan infeksi virus yang menyebabkan ruam yang dapat menyebar ke seluruh tubuh. Penyebab cacar air pada orang dewasa adalah virus Varicella zoster. Setelah virus ini menginfeksi, Anda dapat mengalami demam, gejala pernapasan bagian atas, dan ruam yang dimulai dari benjolan merah kecil dan berkembang menjadi lepuh.

Artikel ini akan membahas mengenai cara mengobati cacar air pada orang dewasa supaya cepat mereda, Anda dapat menyimak penjelasan berikut.

Bagaimana cara mengobati cacar air pada orang dewasa?

Melansir Health Clinics, cara cepat menyembuhkan cacar air pada orang dewasa bisa dilakukan dengan beberapa pengobatan dan perawatan, yaitu:

  • Minum obat sesuai anjuran dokter

Jika Anda menderita cacar air, dokter akan memberikan penanganan pengobatan untuk membantu meringankan gejala dan membiarkan penyakit berjalan dengan sendirinya. Berikut ini cara mengobati cacar air pada orang dewasa yang dapat Anda simak, meliputi:

  1. Lotion calamine dan mandi oatmeal koloid untuk menghilangkan rasa gatal
  2. Pereda nyeri untuk mengurangi demam
  3. Resep obat seperti asiklovir atau valasiklovir dapat digunakan untuk membantu membantu melawan infeksi, sehingga akan mengurangi keparahan gejala dan mencegah komplikasi
  • Mandi oatmeal

Anda dapat mandi dalam rendaman oatmeal hangat untuk mengurangi kondisi kulit yang kering dan gatal. Jenis oat yang paling baik digunakan adalah oatmeal koloidal, yaitu oat yang telah digiling menjadi bubuk halus agar lebih mudah terserap ke dalam kulit.

  • Tetap terhidrasi

Cacar air dapat membuat Anda demam, sehingga berisiko mengalami dehidrasi. Minum cairan yang cukup untuk mencegah dehidrasi yang bisa memperburuk kondisi tubuh.

  • Jangan menggaruk lepuh

Usahakan untuk tidak menggaruk bagian yang gatal, karena dapat menyebabkan infeksi judi bola atau meninggalkan bekas luka permanen. Salah satu cara umum untuk membantu mencegah hal ini adalah dengan mengenakan sarung tangan saat tidur, sehingga akan meminimalisir kemungkinan Anda menggaruk bagian tubuh yang gatal.

Baca juga:

Apakah Varises Berbahaya? Berikut Penjelasannya

10 Pencegahan Hepatitis yang Perlu Dimulai dari Sekarang

Selain pengobatan dan perawatan, terdapat pencegahan yang bisa dilakukan agar tidak menderita penyakit cacar air yaitu dengan melakukan vaksin cacar. Ada vaksin cacar air dua dosis (Varivax) yang sekitar 94 persen efektif mencegah penyakit ini seumur hidup Anda. Orang dewasa yang belum menderita cacar air akan mendapatkan dua dosis dengan jarak sekitar satu bulan.

Berapa lama cacar air pada orang dewasa sembuh

Melansir Healthline, berapa lama cacar air pada orang dewasa sembuh tergantung dengan masing-masing individu dan tingkat keparahan cacar air. Secara umum, cacar air pada orang dewasa dapat sembuh dalam rentang waktu 10-14 hari.

Selama 3 hingga 5 hari pertama, pasien akan mulai timbul ruam dan bintik-bintikdi seluruh tubuh. Berlanjut, pada hari ke 5 hingga 14 hari setelah ruam pertama kali muncul, semua bintik merah biasanya akan mengering, mengeras, dan kemudian hilang secara alami.

Demikian penjelasan mengenai cara mengobati cacar air pada orang dewasa beserta lamanya proses penyembuhan, jika Anda memperhatikkan adanya gejala penyakit cacar air segera lakukan pengobatan dan perawatan yang sesuai seperti di atas. Anda juga dapat meminimalisir penularan dengan selalu menjaga kebersihan dan menjaga jarak dengan penderita cacar air.

error: Content is protected !!