varises
3, Des 2023
Apakah Varises Berbahaya? Berikut Penjelasannya

 Varises yakni pembengkakan dan pembesaran pembuluh darah vena yang berlokasi di bawah permukaan kulit. Melainkan, apakah varises membahayakan? Terbukti, penyakit varises biasanya bukan ialah problem medis gawat darurat dan tak menyebabkan gejala yang serius pada sebagian orang.

Meski semacam itu, varises bisa memicu terjadinya komplikasi kesehatan tertentu kalau tak seketika ditangani, seperti perdarahan dan pembekuan darah. Untuk lebih jelasnya, kenal komplikasi varises dan kapan perlu ke dokter berikut ini.

Apakah varises membahayakan?

Varises bisa mengganggu penampilan dan menyebabkan rasa tak nyaman bagi sebagian orang. Melainkan, situasi ini biasanya bukan ialah problem medis yang serius. Gejala pembekuan darah di otak tidak cuma sakit kepala. Penderita juga dapat menikmati gangguan penglihatan hingga koordinasi tubuh.

Diinfokan dari NHS, orang-orang yang mengalami varises biasanya tak akan mengalami gejala yang serius dan tak akan mengalami komplikasi kesehatan tertentu. Melainkan, sebagian orang bisa mengalami komplikasi tertentu sebab varises akan mengganggu aliran darah.

Berikut yakni sebagian komplikasi varises yang mungkin akan dialami.

Perdarahan

Varises yang berada di bawah permukaan kulit bisa mengalami perdarahan dikala Anda tak sengaja terkena benturan atau luka sayat. Perdarahan yang terjadi dapat susah untuk dihentikan sehingga perlu seketika menerima perawatan medis.

Baca juga:

8 Kiat Melindungi Diri dari Udara Tak Sehat

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Alami

Pembekuan darah

Penderita varises mempunyai risiko yang lebih besar untuk mengalami pembekuan darah yang terwujud pada pembuluh darah vena yang berlokasi di bawah permukaan kulit. Pembekuan darah kemudian akan memicu problem kesehatan lainnya, seperti tromboflebitis, atau pembekakan pada pembuluh darah, dan trombosis vena yang memicu komplikasi yang lebih serius.

Sebagian komplikasi hal yang demikian biasanya akan dialami dalam sebagian tahun sesudah gejala varises pertama kali timbul.  Anda yang mengalami komplikasi perlu seketika mencari bantuan medis sebab bisa memicu situasi gawat darurat yang mengancam nyawa.

Kapan perlu ke dokter?

Varises biasanya bukan ialah problem medis yang serius sehingga tak membutuhkan perawatan dan pengobatan tertentu. Meski semacam itu, Anda konsisten diimbau untuk mencari bantuan medis dikala kuatir dengan varises yang dialami atau timbul gejala tertentu.

Menginfokannya Cleveland Clinic, ada sebagian gejala varises yang perlu diwaspadai dan membutuhkan bantuan medis dengan seketika, seperti:

  • Perdarahan pada pembuluh darah
  • Perubahan warna kulit
  • Rasa nyeri, kemerahan, atau sensasi panas pada kulit
  • Pembengkakan pada kulit

Memahami apakah varises membahayakan sangatlah penting sebab bisa memicu komplikasi yang mengancam nyawa pada sebagian orang. Meski biasanya tak perlu dikhawatirkan, Anda perlu seketika mencari bantuan medis dikala mengalami sebagian gejala di atas sehingga dapat menurunkan risiko problem kesehatan yang lebih serius.

error: Content is protected !!