22, Mei 2024
Kadang Kalanya Sakit Perut Menjadi Sebelah Kiri Berikut Penyebabnya

Sakit perut sebelah kiri sangat awam terjadi dan bisa menyerang siapa saja. Penyebabnya bahkan bermacam, bisa sebab konsumsi makanan pedas dan asam atau bisa juga ialah salah satu gejala penyakit tertentu. Umpamanya infeksi ginjal, gastritis, serangan jantung, hernia, atau kista ovarium.

Sakit perut yang menonjolkan gejala dari penyakit tertentu bisa digambarkan slot 77 dari letak sakit yang diderita, ialah sebelah kiri atas atau sakit perut sebelah kiri bawah. Jika sakit perut yang kamu natural tak kunjung membaik meskipun sudah minum obat, ada baiknya seketika periksakan diri ke dokter untuk menerima penanganan khusus.

Untuk mengenal sakit perut sebelah kiri yang kamu natural, yuk simak artikel berikut.

1. Penyakit yang menyebabkan sakit perut di sebelah kiri atas

Gastritis dan tukak lambung
Gastritis (radang lambung) dan tukak lambung (luka lambung) sering kali menyebabkan rasa sakit di bagian kiri atas perut. Hal ini sebab lapisan lambung mengalami iritasi, peradangan dan pengikisan sehingga membuat perut sebelah kiri terasa sakit.

Kondisi ini umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri H. Pylori ialah bakteri yang mewujudkan lendir di lambung. Gejala lain yang ditimbulkan dari penyakit ini ialah rasa sakit perut pada sebelah kiri atas, mual dan muntah, serta sensasi penuh pada perut sesudah makan.

Sementara itu tukak lambung ialah luka pada lambung yang menyebabkan keluhan sakit maag. Gejalanya meliputi nyeri perut bagian atas, nyeri ulu hati, mual dan muntah, perut kembung, sering bersendawa, dada terasa seperti terbakar, dan hilangnya nafsu makan.

Pankreatitis
Pankreatitis atau radang kelenjar pankreas menyebabkan sakit perut hebat di sebelah kiri yang menjalar sampai ke punggung. Gejala lain yang muncul ialah demam, diare, perut menjadi terasa sakit saat disentuh, mual dan muntah.

Jika kamu mengalami gejala-gejala di atas seketika konsultasikan ke dokter untuk menerima perawatan medis. Pankreatitis bahkan tak bisa dianggap sepele sebab termasuk penyakit yang membahayakan dan berpotensi fatal bila tak seketika diobati.

Serangan jantung (angina)
Sakit perut sebelah kiri atas bukan hanya membuktikan gejala penyakit yang menyerang saluran pencernaan. Serangan jantung (angina) juga mempunyai gejala sakit perut di bagian kiri atas, disertai gejala-gejala lainnya ialah nyeri dada sebelah kiri yang menjalar ke lengan sebelah kiri, mual, muntah, sesak nafas, dan peluh dingin.

Untuk mencegah terjadinya serangan jantung, kamu bisa mengerjakan beberapa upaya seperti tak mengisap rokok, menjaga tekanan darah, mengonsumsi makanan sehat, serta rutin berolahraga.

error: Content is protected !!