Buah delima
2, Apr 2024
Kandungan Delima dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Buah delima (Punica granatum L.) sedia kan serat, vitamin, dan mineral perlu yang berfungsi untuk kesehatan. Seperti umumnya buah-buahan, delima terlalu rendah lemak dan natrium. Warna merah cerah pada buah ini mencerminkan kadar antioksidan yang tinggi. Dalam artikel ini dapat mengulas kadar dan manfaat buah delima untuk kesehatan.

Kandungan delima

Menurut ulasan Health, delima kerap dikategorikan sebagai “makanan super” sebab tingginya konsentrasi senyawa pelindung tanaman, layaknya ellagitannin, antosianin, dan asam organik. Zat-zat ini miliki aktivitas antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat dan juga menolong memelihara sel-sel dari kerusakan oksidatif.

Jika dirinci, nilai gizi satu buah delima berukuran 282 gram bersama diameter 4 inci meliputi berikut, layaknya yang dikutip dari Very Well Fit:

  • Kalori 234
  • Lemak 3,3 gram
  • Natrium 8,4 mg
  • Karbohidrat 29 gram
  • Serat 11,3 gram
  • Gula 38,6 gram
  • Protein 4,7 gram
  • Kalium 666 miligram (mg)
  • Magnesium 33,8 mg
  • Besi 0,8 mg
  • Vitamin C 28,8 mg
  • Folat 107,2 mikrogram (mcg)
  • Vitamin K 46,2 mcg

Delima terhitung merupakan sumber tembaga, thiamin, vitamin B6, dan potasium. Biji delima atau arils merupakan sumber serat yang terlalu baik dan kaya dapat potasium, fosfor, magnesium, dan kalsium. Kalori buah delima terutama berasal dari karbohidrat.  Ada dua jenis karbohidrat di dalam buah delima berukuran sedang, yakni gula (21 gram) dan serat (6 gram). Sementara, perkiraan beban glikemik (GL) buah delima fresh adalah 18.

Baca juga:

Mengapa Penyakit Tangan, Kaki dan Mulut, Rentan pada Anak?

Penyebab Saraf Kejepit dan Cara Pengobatannya

Manfaat buah delima

Disari Very Well Fit dan Real Simple, macam khasiat buah delima meliputi:

  • Membantu membangun tulang

Buah delima mempunyai kandungan banyak vitamin C (asam L-askorbat). Kandungan delima ini perlu untuk struktur tulang, tulang rawan, otot, dan pembuluh darah yang baik. Ini terhitung menolong penyerapan zat besi dan menambah pengobatan luka.

Vitamin C kudu dikonsumsi lewat makanan sebab tubuh kita tidak bisa memproduksinya.

  • Melawan stres oksidatif

Delima mempunyai kandungan senyawa antioksidan, layaknya quercetin dan anthocyanin, yang terhitung memperbaiki kerusakan sel akibat stres oksidatif. Menurut National Institutes of Health, vitamin C terhitung berpotensi membatasi pengaruh mengakibatkan kerusakan dari radikal bebas lewat aktivitas antioksidannya.

Dengan begitu, manfaat buah delima termasuk bisa menolong menghindar atau menunda pertumbuhan kanker tertentu, penyakit kardiovaskular, dan penyakit lain yang disebabkan oleh stres oksidatif.

  • Mengatur gula darah dan pencernaan

Makan buah delima (bukan jus) dapat menyebabkan Anda beroleh tambahan serat yang cukup. Serat menolong menambah rasa kenyang, menambah kesehatan pencernaan, dan bisa menolong turunkan kolesterol darah.

Kandungan delima ini terhitung menolong memperlambat penyerapan gula, sehingga glukosa darah Anda tidak melonjak sehabis makan.

  • Menurunkan tekanan darah

Sebuah tinjauan penelitian yang menganalisis manfaat buah delima di dalam bentuk jus pada tekanan darah. Hasilnya tunjukkan bahwa meminum kira-kira satu cangkir jus delima bisa menolong mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik.

Sehingga, buah delima berfungsi bagi penderita hipertensi dan orang yang berisiko terkena hipertensi dan juga penyakit kardiovaskular.

  • Menjaga kesehatan jantung

Makan buah delima terhitung berfungsi untuk memelihara kesehatan jantung. Ada sebagian cara buah delima bisa memelihara jantung Anda, meliputi menambah kolesterol HDL (kolesterol baik) sekaligus turunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat), dan juga turunkan tekanan darah.

Selain itu, buah delima bisa menghindar penumpukan plak di arteri dan bisa menolong membalikkan penyempitan arteri (aterosklerosis). Minum jus delima terhitung bisa menambah aliran darah dan mengurangi angina.

Hal itu jadi alasan mengapa buah delima disorot sebagai tidak benar satu buah pelindung jantung terbaik di dalam ulasan tahun 2021.

  • Menjaga kesehatan usus

Serat makanan adalah tidak benar satu nutrisi paling ampuh yang ditemukan di dalam buah delima. Nutrisi ini perlu untuk memelihara kesehatan pencernaan. Kandungan serat yang mengesankan bukan salah satu alasan yang menyehatkan usus untuk makan lebih banyak buah delima.

Buah ini terhitung merupakan sumber polifenol yang baik, yang bisa berfungsi sebagai prebiotik yang berikan makan mikroba baik. Itu bisa berfungsi untuk memperbaiki lapisan usus dan mengurangi peradangan penyebab penyakit.

  • Meningkatkan performa atletik

Manfaat buah delima terhitung terhitung untuk menambah performa atletik. Jus buah delima bisa menolong kinerja atletik dan menolong mempercepat pemulihan sehabis berolahraga, menurut penelitian. Buah ini terhitung bisa menolong menambah bioavailabilitas oksida nitrat, yang menolong tubuh Anda beroleh nutrisi yang dibutuhkan untuk berolahraga.

Demikianlah khasiat buah delima untuk kesehatan yang bisa Anda dapat. Menurut National Center for Complementary and Integrative Health, safe memakan delima dan minum jusnya. Efek samping tidak barangkali terjadi, tetapi sebagian barangkali mengalami reaksi alergi atau mengalami ketidaknyamanan pencernaan. Jika Anda sensitif pada fruktan, sejenis karbohidrat, Anda lebih barangkali mengalami pengaruh samping pencernaan dari buah delima layaknya gas, kembung, dan diare.

error: Content is protected !!