Manfaat Air Zam-zam Untuk Kesehatan Tubuh
17, Jun 2024
Manfaat Air Zam-zam Untuk Kesehatan Tubuh

Air Zam-zam jadi oleh-oleh yang kudu bagi warga negara Indonesia yang pulang dari haji atau umrah. Air ini diyakini mempunyai berkah kala diminum. Berasal dari sumur yang terdapat tidak jauh dari Kabah, air zamzam selamanya ada bagi jutaan umat Islam dari semua dunia selama tahun.

Manfaat Air Zam-zam bagi Kesehatan

Sumur air Zam-zam sendiri diyakini telah ada sejak zaman Nabi Ibrahim. Dalam AlQuran, disebutkan istri Ibrahim, Siti Hajar, kudu berlari antara Bukit Shofa dan Marwah demi mendapatkan air bagi anaknya, Ismail. Tiba-tiba mata air keluar dari dekat kaki Ismail. Sumber mata air itu lah yang jadi sumur Zam-zam.

Perlindungan Tubuh dari Penyakit

Dilansir dari bnp.jambiprov.go.id, di dalam tradisi Islam, air zamzam dipercaya memiliki kekuatan melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Kepercayaan ini di dukung oleh persentase mineral mutlak di dalam air zamzam layaknya magnesium, kalium, dan natrium yang bisa menaikkan energi tahan tubuh. Hal ini terhitung di dukung oleh sebuah hadits yang meriwayatkan:

Keunggulan sebagai Antimikroba dan Antibakteri

Penelitian ilmiah membuktikan bahwa air zam-zam bebas dari bakteri, menjadikannya air yang bersih dan suci. Kandungan mineral layaknya natrium, kromium, dan nitrogen di dalam air zamzam mengimbuhkan sifat antimikroba dan antibakteri, yang mengimbuhkan dukungan tambahan terhadap infeksi.

Mendorong perkembangan tulang dan menghambat osteoporosis

Dilansir dari makkah-madinah.accor.com, persentase kalsium yang tinggi di dalam air zamzam memiliki efek positif bagi tubuh manusia, lebih-lebih tulang. Tulang bisa menyerap vitamin dan memakai kalsium untuk perkembangan yang lebih optimal. Tingginya persentase kalsium ini membuatnya jadi pilihan yang baik untuk menghambat osteoporosis dan melindungi kesehatan tulang secara keseluruhan.

Meningkatkan Tingkat Energi di dalam Sel

Dr. Knut Pfeiffer, seorang ilmuwan Jerman dan kepala pusat kesehatan terbesar di Munich, telah lama meneliti efek dan fungsi air zamzam. Salah satu teorinya yang paling menarik adalah bahwa air zamzam bisa menaikkan tingkat energi dan memperkuat sistem sel tubuh manusia, yang telah ia buktikan lewat berbagai penelitian dan uji coba yang tak terhitung jumlahnya.

Bermanfaat untuk kesehatan kulit

Dilansir dari thepilgrim.co, air Zam-zam punya kandungan 366 mg/L bikarbonat dan dianggap sebagai air paling murni di dunia. Sifatnya yang antikuman, basa, dan antibakteri, ditambah bersama persentase fluoride, mineral, vitamin, kalsium, dan magnesium yang seimbang, menjadikan air Zamzam sebagai detoksifikasi alami paling baik untuk tubuh dan kulit.

Kulit Anda menyerap apa pun yang dioleskan dan mengalirkannya ke di dalam aliran darah. Oleh sebab itu, untuk mendapatkan kulit yang bersinar dan segar, usapkan sebagian tetes Air Zam-zam ke kulit Anda.

BACA JUGA : Tips Ampuh dan Tepat Untuk Mengurangi Mata Minus

Proses distribusi air Zam-zam

Salah satu aspek penting dari distribusi air Zam-zam adalah fokusnya terhadap aksesibilitas bagi jamaah haji. Pihak berwenang Saudi memastikan pasokan ada bagi mereka yang datang ke tempat-tempat suci. Mereka sediakan wadah gratis bagi jamaah untuk diisi dan dibawa kembali di dalam kuantitas terbatas untuk penggunaan pribadi.

 

Pada 2010, sebuah proyek bersama dengan perkiraan biaya sebesar SR700 juta ($186,6 juta) diluncurkan untuk mengisi botol secara otomatis dan memurnikan air. Terdiri dari sebagian gedung, antara lain satu gedung kompresor udara, gudang wadah air mentah, gedung lini produksi, dan gudang botol olahan bersama dengan kapasitas penyimpanan harian 200.000 botol.

 

Luas keseluruhan pabrik melebihi 13.000 meter persegi. Gedung ini termasuk punya generator cadangan berkapasitas 10 megawatt dan bekerja bersama dengan sistem yang mengontrol dan memantau semua tahapan proyek, merasa dari pemompaan air dari sumur sampai langkah paling akhir pengisian.

 

Kapasitas memproses jalur pengisian otomatis pusat pembotolan air Zam-zam berkisar antara 1.500 sampai 2.000 botol per jam, bersama dengan kuantitas harian berkisar antara 33.000 sampai 44.000 botol.

 

Pemompaan air Zam-zam dikerjakan gunakan pipa tertentu untuk menjaga mutu unik dari mata air suci tersebut. Untuk pengangkutan ke Masjid Nabawi di Madinah, air Zamzam diangkut gunakan kapal tanker bersama dengan spesifikasi tehnis tertentu. Katup-katupnya tertutup rapat untuk menghambat ada campur tangan dari luar terhadap air tersebut.

error: Content is protected !!