Manfaat Puasa bagi Tubuh
26, Feb 2024
Manfaat Puasa bagi Tubuh: Sehatkan Hati – Cegah Penyakit

Sebentar ulang umat muslim akan laksanakan ibadah puasa Ramadhan. Berpuasa ialah menahan diri dari suatu hal menjadi terbit fajar hingga tenggelamnya matahari. Bulan suci Ramadhan punya kandungan keistimewaan dan keutamaan tersendiri dibandingkan bersama dengan bulan lainnya. Sehingga Rasulullah SAW benar-benar antusias di dalam menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan.

Dikutip di dalam buku Dahsyatnya Puasa Wajib & Sunah Rekomendasi Rasulullah oleh Amirulloh Syarbini dan Sumantri Jamhari disebutkan bahwa Ibnu Khuzaimah di dalam kitab shahihnya menyebut bahwa Salman radhiyallahu’anhu meriwayatkan sebuah hadits ini:

Dari Salman ra, ia meriwayatkan, “Pada hari paling akhir bulan Sya’ban, Rasulullah saw berkhutbah kepada kami, “Wahai manusia, kini sudah dekat denganmu suatu bulan yang agung, bulan yang sarat bersama dengan berkah, yang di dalamnya terkandung satu malam yang lebih baik (nilainya) daripada seribu bulan. Inilah bulan yang Allah tetapkan puasa di siang harinya sebagai ibadah wajib dan shalat tarawih di malam harinya sebagai ibadah sunah. Barangsiapa dambakan mendekatkan dirinya kepada Allah di bulan ini bersama dengan satu ibadah sunah maka pahalanya seolah-olah laksanakan ibadah wajib pada bulan-bulan yang lain. Dan, barangsiapa laksanakan ibadah wajib pada bulan ini maka dia akan dibalas bersama dengan pahala seolah-olah sudah laksanakan tujuh puluh ibadah wajib pada bulan yang lain. Inilah bulan kesabaran. Ganjaran bagi kesabaran yang sejati adalah surga. Bulan ini termasuk merupakan bulan simpati kepada sesama. Pada bulan inilah, rezeki orang-orang yang beriman ditambah. Barangsiapa memberi makan (untuk berbuka puasa) orang yang berpuasa maka ia dibalas bersama dengan ampunan bagi dosa-dosanya dan ia dibebaskan dari api neraka jahanam. Dia termasuk mendapatkan ganjaran yang mirip sebagaimana orang yang berpuasa tadi tanpa sedikit pun mengurangi pahala orang yang berpuasa itu.”

Puasa di bulan Ramadhan sebetulnya memiliki banyak keutamaan. Ketika tengah berpuasa, tubuh sekaligus mampu mendetoksifikasi dan termasuk bonusnya mampu menopang menurunkan berat badan.

Berpuasa tidak cuma untuk meraih pahala tapi termasuk meningkatkan kesehatan.

Ada lebih dari satu ayat yang menjelaskan berkenaan puasa. Salah satunya yaitu berkenaan kewajiban puasa yang termaktub di dalam surah Al-Baqarah ayat 183,

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ ١٨٣

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Manfaat Puasa Ramadhan untuk Tubuh

Meskipun menahan lapar dan dahaga, akan tapi berpuasa justru mampu menyebabkan tubuh sehat. Berikut lebih dari satu faedah berpuasa yang dirangkum dari The Miracle of Puasa Senin Kamis karya Ubaidurrahim El-Hamdy dan buku Sehat Cara Al Qur’an & Hadis karya Emma Pandi Wirakusumah, Serta kami akan membahas tentang permainan dari situs nexus slot dan slot deposit qris 5000 :

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat puasa salah satunya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengutip di dalam The Daily Star (22/03/23) peradangan dan stres oksidatif mampu mengurangi memproduksi sitokin pro-inflamasi dan meningkatkan memproduksi antioksidan, yang menopang melawan penyakit.

2. Menyehatkan Hati dan Badan

Berpuasa tidak cuma mampu menahan syahwat tapi termasuk mampu menyebabkan tubuh dan hati lebih sehat. Nabi SAW bersabda:

أَلَا وَإِنَّ فِي الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ أَلَا وَهِيَ الْقَلْبُ

Artinya: “Ingatlah bahwa di di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula semua jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula semua jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati.” (HR Bukhari dan Muslim).

3. Mengatur Kolesterol ‘Jahat’

Dilansir di dalam Cleveland Clinic Abu Dhabi, puasa mampu pengaruhi profil lipid. Hal ini mampu menyebabkan berkurangnya kolesterol darah yang mampu menahan serangan jantung, stroke dan penyakit lainnya.

4. Membantu Tubuh Detoksifikasi Racun

Berpuasa mampu menopang bersihkan sistem pencernaan. Berguna sebagai detoksifikasi racun, puasa mampu halangi kalori yang masuk ke di dalam tubuh agar mampu membuahkan enzim antioksidan yang mampu menopang bersihkan racun.

5. Mencegah Penyakit

Puasa Senin-Kamis dan Ramadhan mampu menahan penyakit yang timbul sebab sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat secara berlebih. Seseorang yang mengalami kegemukan berisiko terkena penyakit degeneratif layaknya jantung, diabetes melitus dan kolesterol.

error: Content is protected !!