22, Mei 2024
Mengendalikan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes

Diabetes termasuk penyakit kronis yang sepatutnya ditangani dengan serius. Banyak penyakit fatal yang bisa menyertai penyakit diabetes.

Seberapa penting penderita diabetes mengkontrol kadar gula darah? Berikut ini tujuan dari pemeriksaan kadar gula pada penderita diabetes.

Simak penjelasan berikut!

1. Mengenal penyebab naik turunnya kadar gula pada penderita diabetes
2. Sebagai pertimbangan dokter untuk menilai penanganan atau pengobatan diabetes
3. Dapat menjalankan pencegahan jikalau muncul komplikasi penyakit yang lebih serius
4. Mencegah munculnya infeksi yang lebih serius

Pemeriksaan diabetes bisa dijalankan rutin tiap-tiap hari, tetapi perlu dipantau dengan tes HbA1c untuk mengetahui situasi diabetes selama 3 bulan terakhir. Sekiranya mengalami keluhan penyakit ini sebgera lakukan pemeriksaan ke RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Di rumah sakit Solo ini selain mempunyai dokter pakar yang pakar dibidangnya, juga ditunjang pemeriksaan laboratorium yang komplit.

Bagi Sowbat yang menderita diabetes, saat sedang qris slot sakit ringan seringkali bukan sekadar flu dan bersin umum. Penyakit ringan seperti demam, flu, atau penyakit apapun yang menyebabkan gejala-gejala seperti muntah atau diare bisa meningkatkan kadar gula darah.

Itu juga infeksi, bisa mengganggu kestabilan gula darah. Karena itu, penting mengetahui kiat mengontrol gula darah saat sedang sakit. Yuk, cari tahu bagaimana tipsnya agar kadar gula darah tetap terkontrol meskipun sedang sakit.

Saat sedang sakit, Sowbat tetap perlu mengontrol kadar gula darah. Berikut sebagian hal yang bisa dijalankan untuk mengontrol gula darah saat sedang sakit:

Cek kadar gula darah tiap-tiap 4 jam sekali

Tes kadar keton jikalau mempunyai diabetes jenis 1 dan kadar gula darah di atas 240mg/dL, atau jikalau dianjurkan dokter. Keton adalah zat sisa yang diproduksi oleh tubuh pasien diabetes jenis 1 jikalau mengalami stres, termasuk saat sedang sakit. Sebaiknya Sowbat berkonsultasi dengan dokter jikalau ditemukan kadar keton di air seni. Nantinya dokter akan memeriksa lebih lanjut dan mendiagnosis apakah situasi Sowbat memerlukan penanganan segera.

Cek temperatur tubuh secara rutin

Minum air, terlebih jikalau mempunyai diare. Minumlah satu cangkir air putih tiap-tiap jam (selain di waktu tidur) untuk mencegah dehidrasi. Sekiranya terlalu sering membuang air kecil, sebaiknya periksa ke rumah sakit.

Bagi pengguna insulin, jangan stop memakainya, meskipun sedang susah makan. Mungkin Sowbat perlu minum atau makan sesuatu yang manis, sehingga kadar gula darah tidak turun ke tingkatan yang membahayakan.

Untuk yang mempunyai diabetes jenis 2, mungkin perlu stop minum obat oral untuk sementara waktu. Namun, hal ini sepatutnya dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Sekiranya memerlukan obat untuk meredakan gejala-gejala seperti batuk dan hidung mampet, tanyakan ke dokter, obat apa yang aman untuk situasi Sowbat.

Tips-kiat di atas adalah rekomendasi yang bisa dijalankan untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil meskipun Sowbat sedang sakit ringan. Namun tetap, sebelum mempertimbangkan untuk menjalankan kiat-kiat di atas sepatutnya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

error: Content is protected !!