1, Jun 2024
Penting Untuk Menjaga Kesehatan Kulit Dengan Perawatan yang benar Untuk Setiap Hari

Kulit sehat tidak datang dengan sendirinya. Untuk mendapatkannya, Anda semestinya menjaga kesehatan kulit dengan mengkonsumsi makanan bergizi maupun menggunakan produk-produk perawatan kulit.

Kulit yakni organ terbesar pada tubuh manusia yang terdiri dari sebagian lapisan. Setiap lapisan kulit memiliki fungsinya masing-masing. Epidermis sebagai lapisan terluar berfungsi untuk melindungi kulit dari berjenis-jenis hal yang dapat menyebabkan kerusakan kulit, seperti debu, kuman, dan paparan cahaya matahari.

Di bawah epidermis, ada lapisan dermis yang terdiri dari pembuluh darah, folikel rambut, dan slot qris kelenjar minyak. Lapisan terakhir yakni jaringan subkutan yang berfungsi untuk melindungi organ-organ dalam tubuh dan menjaga suhu tubuh konsisten normal.

Seiring berjalannya waktu, situasi kulit dapat mengalami penuaan atau bahkan kerusakan sampai fungsinya terganggu. Oleh sebab itu, betul-betul penting untuk mempertahankan kesehatan dan ketahanan organ pelindung ini dengan menjalankan perawatan kulit secara rutin.

Faktor Penyebab Kerusakan Kulit
Sebelum mengenal sistem menjaga kesehatan kulit, penting untuk mengenal lebih dahulu faktor-faktor yang berisiko menyebabkan kerusakan kulit, yakni:

*Penuaan
*Paparan cahaya ultraviolet (UV) yang berlebihan
*Kultur merokok
*Kurang konsumsi buah dan sayur
*Konsumsi gula yang berlebihan
*Paparan bahan kimia
*Stres
*Kebersihan kulit yang tidak terjaga

Kerusakan yang dimunculkan dapat berjenis-jenis-variasi, mulai dari iritasi, sunburn, jerawat, kerutan, noda hitam, bahkan kanker kulit. Oleh sebab itu, hindari berjenis-jenis budaya di atas untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah terjadinya kerusakan kulit.

Metode Menjaga Kesehatan Kulit
Menjaga kesehatan kulit dapat dilakukan melewati berjenis-jenis sistem, yakni.

1. Konsumsi buah dan sayur
Telah bukan rahasia lagi bahwa makanan sehat, seperti buah dan sayur, mengandung banyak gizi yang dapat menjaga kesehatan kulit. Sebagai teladan, vitamin C pada jeruk, stroberi, dan brokoli diandalkan cakap mencegah munculnya kerutan di kulit.

Sementara itu, vitamin E yang dapat ditemukan pada alpukat, anggur, dan tomat juga memiliki fungsi yang tidak kalah penting, yakni mencegah kerusakan sel kulit sebab sifat antioksidannya.

2. Pakai tabir surya
Penggunaan tabir surya yakni salah satu sistem lebih-lebih untuk menjaga kesehatan kulit. Tabir surya mengandung SPF dan PA yang cakap melindungi kulit dari bahaya paparan cahaya UV yang berlebihan, seperti iritasi, penuaan dini, sampai kanker kulit.

Untuk menerima perlindungannya, pakai tabir surya yang mengandung SPF minimal 30 dan ulangi penerapannya tiap 2 jam sekali.

3. Bersihkan wajah secara rutin
Membersihkan wajah setidaknya 2 kali sehari yakni sistem yang ampuh dalam menjaga kesehatan kulit. Pakai produk pembersih wajah yang lembut dan tidak mengandung detergen serta pewangi untuk menghindari terjadinya iritasi pada kulit wajah.

4. Pakai pelembap
Tidak cuma bagi pemilik kulit kering, pemilik kulit berminyak juga perlu menggunakan pelembap untuk menjaga kesehatan kulit. Selain melembapkan, pelembap juga dapat mencegah keriput dan menjaga keutuhan skin barrier.

5. Hindari stres berkepanjangan
Mengelola stres menjadi salah satu sistem menjaga kesehatan kulit. Ini sebab stres berkepanjangan dapat memicu dilema pada kulit, seperti jerawat, eksim, psoriasis, dan rosacea.

Untuk menerima manfaat dan perlindungan yang optimal, sesuaikan produk perawatan wajah dengan variasi kulit. Bila Anda sudah menjalankan berjenis-jenis sistem menjaga kesehatan kulit tapi belum menerima hasil yang diharapkan, cobalah konsultasikan ke dokter untuk menerima perawatan sesuai kebutuhan Anda.

error: Content is protected !!