8, Jun 2024
Sakit Flu dan Influenza Memengaruhi Kesehatan Untuk berprofesi

Banyak orang menyangka flu sama dengan batuk pilek awam (common cold). Padahal gejalanya mirip, kedua kondisi ini disebabkan oleh variasi virus yang berbeda. Gejala flu lebih parah dan menyerang secara mendadak, walaupun gejala batuk pilek awam cenderung ringan dan muncul secara berjenjang.

Flu yaitu penyakit yang gampang menular ke orang lain, terutama pada 3-4 hari pertama sesudah penderita terinfeksi. Malahan pada beberapa kasus, penderita flu dapat menularkan penyakitnya sebelum gejala muncul.

Penyebab dan Gejala Flu
Seseorang dapat tertular flu seandainya tidak situs slot77 sengaja menghirup percikan air liur di udara, yang dikeluarkan penderita saat bersin atau batuk. Selain itu, menyentuh mulut atau hidung sesudah mengatur benda yang terkena percikan air liur penderita, juga dapat menjadi sarana penularan virus flu.

Gejala flu antara lain demam, pilek, hidung tersumbat, dan sakit kepala. Padahal sama dengan gejala batuk pilek awam, gejala flu terasa lebih parah dan kerap kali kali menyerang tiba-tiba. Batuk dampak flu dapat berupa batuk kering maupun bersputum.

Segeralah berobat ke dokter seandainya gejala di atas tidak kunjung membaik sesudah dua minggu, atau membaik melainkan kemudian memburuk. Tindakan darurat perlu dijalankan seandainya gejala flu disertai sesak nafas atau penurunan kesadaran.

Pengobatan dan Pencegahan Flu
Flu ringan dapat diselesaikan dengan banyak beristirahat, mengonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin C, dan banyak minum. Tetapi, seandainya gejalanya berat, segera lakukan pemeriksaan ke dokter supaya diberi obat untuk mempercepat kesembuhan dan mencegah komplikasi.

Sistem mencegah flu yang paling tepat sasaran yaitu dengan menjalani vaksinasi influenza. Selain itu, Anda juga diajurkan untuk rajin cuci tangan dan tidak berdekatan dengan penderita flu.

Komplikasi Flu
Flu yang sembuh kemudian kumat dan memburuk dapat menjadi petunjuk komplikasi serius, seperti paru-paru basah, gangguan jantung, meningitis, atau infeksi virus pada otak. Komplikasi hal yang demikian dapat lebih berisiko terjadi pada ibu hamil dan orang yang mempunyai daya tahan tubuh lemah.

error: Content is protected !!