13, Mar 2024
Seberapa Penting Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Kecil?

Teman Hermina, pengenalan dan perawatan kesehatan gigi secara dini adalah sangatlah penting, mengingat banyak buah hati dengan tingkat frekuensi karies (gigi berlubang) yang cukup tinggi dan masih banyak yang belum tertangani. Dengan demikian, kelainan pada rongga mulut dapat dideteksi sedini mungkin sehingga dapat dikerjakan suatu perawatan simpel yang memungkinkan buah hati dapat mendapatkan perawatan gigi. American Academy of Pediatric Dentistry menyarankan agar kunjungan pertama ke dokter gigi diawali pada dikala tumbuhnya gigi sulung pertama atau pada akhir usia 12 bulan.

Kenapa demikian? Sebab kesehatan gigi yg optimal akan mendorong kesehatan tubuh yang optimal. Kecuali itu, gigi sulung juga menjadi pedoman bagi gigi tetapnya nanti. Kalau gigi sulung karies dan tidak seketika dirawat maka akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan gigi konsisten di kemudian hari. Karies dapat disebabkan oleh banyak elemen adalah:

Unsur gigi adalah struktur dan wujud gigi yang berlekuk berpotensi slot 777 sebagai daerah sisa makanan menumpuk. Secara gigi geraham.
Unsur bakteri atau mikroorganisme yang berperan merubah makanan menjadi asam. Pada dikala makanan manis dan lengket bergabung dengan bakteri, maka akan menghasilkan asam yang akan melarutkan bagian struktur gigi.
Unsur makanan, terpenting makanan manis dan lengket.
Unsur waktu adalah dikala rongga mulut diizinkan terus menerus dalam situasi dekil, karies dapat terjadi malahan dapat menjadi lebih parah hingga menyebabkan penyakit gusi seperti gusi bengkak. Kalau hal ini terjadi, tumbuh kembang dan aktifitas buah hati malahan dapat terganggu.
Lalu bagaimana sistem menjaga kesehatan gigi dan mulut? Berikut langkah-langkah yang dapat Teman Hermina lakukan:

Berikan ASI eksklusif
Bersihkan gigi, gusi dan lidah tiap selesai makan/minum malahan sebelum gigi pertamanya tumbuh dengan kasa/lap lembut
Hindari pemberian makanan manis dan lengket terpenting diluar jam makan
Hindari membiasakan bayi tertidur malam dengan susu botol/jus
Mulai menyikat gigi dikala gigi pertama bayi tumbuh.
Ajaklah buah hati dan berikan pengertian terhadap buah hati perihal pentingnya menyikat gigi minimal 2x sehari (pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur) sehingga aktivitas menyikat gigi menjadi aktivitas yang menyenangkan.
Menggunakan benang gigi
Biasakan buah hati untuk mengunyah makanan dengan geraham kanan dan kiri
Pakai pasta gigi berfluoride
Rutin ke dokter gigi buah hati tiap 6 bulan sekali.
Menyikat gigi dapat dikerjakan dengan berbagai teknik. Salah satunya dengan teknik berputar diawali dari gerakan berputar pada bagian depan dari arah gusi ke gigi. Kemudian bagian samping belakang kiri dan kanan. Dilanjutkan dengan membuka mulut dan menyikat bagian pengunyahan gigi rahang atas dan bawah. Jangan lupa untuk menyikat gusi, lidah dan langit-langit serta menerapkan benang gigi agar tidak ada sisa makanan yg melekat di sela-sela gigi. Dengan demikian, menjaga kesehatan gigi dan mulut sama pentingnya dengan menjaga kesehatan tubuh.

Nah sahabat hermina, rutin memeriksakan kesehatan gigi tiap 6 bulan sekali betul-betul penting. Bagi Teman Hermina yang masih takut untuk ke RS Hermina Mekarsari, tidak perlu takut sebab RS Hermina Mekarsari ikut menerapkan protokol kesehatan untuk memutuskan keselamatan dan kesehatan pelanggan kami. Salam sehat.

error: Content is protected !!