maxresdefault
27, Mar 2024
Tips Buka Puasa untuk Penderita Asam Lambung yang Aman

Dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi dr. Agus Prasetyo, Sp.KFR memberi tambahan sejumlah tips membuka puasa untuk penderita asam lambung.

Tips membuka puasa bagi penderita asam lambung yang pertama yaitu di mulai bersama dengan minum air putih biasa atau hangat supaya lambung tidak kosong setelah didalam situasi kosong berjam-jam. Sama halnya bersama dengan makanan, dokter Agus menyarankan untuk mengawali membuka puasa bersama dengan mengonsumsi makanan lunak, seperti bubur atau jeli. Kemudian untuk takjil yang aman dikonsumsi penderita asam lambung yaitu buah-buahan atau sayuran, misalnya kurma yang terbukti baik untuk lambung. Adapun makanan yang kudu dihindari adalah makanan pemicu sakit lambung, seperti makanan pedas, asam, dan berlemak tinggi, seperti nangka muda dan goreng-gorengan. Sedangkan untuk minuman, penderita asam lambung sebaiknya menjauhkan minuman berkafein dan soda.

“Pilih makanan yang tepat seperti daging tanpa lemak, buah-buahan yang tidak asam, sayuran, karbohidrat kompleks perumpamaan nasi merah dan oatmeal. Akan lebih baik kecuali mengolah makanan bersama dengan langkah dipanggang, rebus, atau kukus,” kata dokter Agus dilansir berasal dari Antara, Selasa (26/3/2024).

Tips selanjutnya yaitu menjauhkan tidur segera setelah menghabiskan makanan pas membuka puasa maupun sahur. Pasalnya, tubuh butuh pas sedikitnya dua jam untuk mencerna makanan berat dan satu jam untuk makanan ringan, seperti buah dan sayur. Alumni Universitas Airlangga selanjutnya terhitung mengingatkan supaya penderita asam lambung untuk makan secukupnya pas membuka puasa. Aturan ini terhitung berlaku kala sahur.

Itulah tips membuka puasa untuk penderita asam lambung yang dapat dicoba. Meski begitu, tiap individu punya situasi yang berbeda-beda. Karena itu, penderita asam lambung dapat berkonsultasi dahulu bersama dengan dokter yang biasa menanganinya untuk sadar langkah aman berpuasa sesuai kondisinya.

error: Content is protected !!