Tips Menjaga Ginjal
14, Feb 2024
Tips Menjaga Ginjal Tetap Sehat

Ginjal adalah tidak benar satu organ perlu yang bekerja keras di dalam merawat keseimbangan cairan tubuh dan kualitas darah, oleh karena itu kondisinya kudu tetap terjaga. Ginjal dapat menyaring darah berasal dari zat-zat yang tidak berfaedah (racun atau toksin dan air berlebih) untuk kemudian dikeluarkan di dalam wujud urin. Selain itu, ginjal juga menopang mengontrol tekanan darah dan memproses hormon yang dibutuhkan oleh tubuh. Ketika ginjal mengalami gangguan, zat-zat yang tidak berfaedah dapat menumpuk di dalam tubuh sehingga menyebabkan berbagai style penyakit. Misalnya, infeksi saluran kemih, infeksi ginjal, batu ginjal, kanker ginjal dan penyakit lainnya.

Lakukan 7 rutinitas baik ini untuk merawat suasana ginjal Anda

1.Menjaga pola makan dan minum yang sehat

Hindari minuman soda dan makanan olahan/awetan, batasi asupan garam, ganti daging berlemak tinggi dengan ikan atau daging tanpa lemak. Minum sedikitnya 6-8 gelas air putih sehari atau sedikitnya 2 liter.

2. Olahraga teratur

Jalan kaki 4-5 kali seminggu memadai untuk menopang merawat kesehatan jantung yang juga baik untuk ginjal kita

3. Kendalikan berat badan

Kegemukan tingkatkan risiko penyakit ginjal. Seseorang yang memiliki Indeks Massa Tubuh (IMT) > 30 berisiko mengalami penyakit ginjal sebesar 3-4 kali lipat, namun mereka yang memiliki IMT > 25 berisiko mengalami penyakit ginjal sebesar 2 kali lipat.

Baca juga:

Apakah Minum Kopi Bisa Membuat Perut Buncit? Berikut Penjelasannya…

Cara Menambah Berat Badan Secara Alami yang Mudah Dilakukan

4. Tidak merokok

Hasil studi American Physiological Society menyimpulkan bahwa nikotin merupakan faktor risiko keparahan penyakit ginjal.Periksakan fungsi ginjal Anda. kombinasi pada merokok dan minum alkohol mengakibatkan meningkatnya risiko penyakit ginjal kronik.

5. Ketahui riwayat kesehatan di dalam keluarga.

Riwayat penyakit layaknya diabetes, hipertensi dan penyakit ginjal yang dialami orang tua mengakibatkan anak cenderung mengalami perihal yang mirip dibanding mereka yang berasal berasal dari keluarga tanpa riwayat penyakit tersebut, sehingga kudu lebih berhati-hati.

6. Segera berobat ke dokter kecuali saat ini dikira mengalami penyakit ginjal.

Jangan tunda pengobatan, turuti nasehat dokter sehingga penyakit ginjal tidak semakin parah.

7. Rutin Check up

Selain merawat pola hidup sehat, mengontrol fungsi ginjal juga kudu dilakukan. Salah satu langkah yang bisa ditunaikan adalah dengan jalankan pemeriksaan laboratorium. Lakukan secara teratur setahun sekali sebagai langkah preventif risiko penyakit ginjal.

error: Content is protected !!